Loading...

MEMAHAMI PENGERTIAN SEO DAN ALGORITMA

SEO atau Search Engine Optimization - Needed for Blogger
Sering sekali orang pemula atau newbe yang terjun dalam dunia blogging. Ingin mengetahui lebih mendalam apa itu Search Engine Optimization [SEO]. Sangat tidak asing lagi SEO itu menjadi sebuah titik dan atau patokan penting kontes blog dimanapun dan apapun kebutuhannya. Akan tetapi, masih sering orang-orang bingung memahami si SEO ini. Karena SEO sendiri merupakan satuan dari algoritma yang ada pada mesin pencari yang selalu berubah.

Taruhlah Google Search yang sudah menjadi syarat dasar penilaian mereka para kontestan blog. Lomba blog baik review dan SEO, sering kali menggunakan Google Search untuk menentukan pemenang. Dimana pada inti siapa yang menjadi pemenang, merekalah yang menduduki peringkat paling atas mesin pencari Google. Selain Google, Search Engine lain juga terkadang digunakan; Yahoo Search Engine salah satunya.

APA ITU SEARCH ENGINE OPTIMIZATION?

Bahasa paling mudah mengartikan SEO, SEO adalah upaya blogger untuk menempatkan sebuah tulisan atau postingan blog-situs pada paling ujung atas Mesin Penelusur. Bahasa lain, kita menginginkan agar blog situs kita memiliki rangking tinggi di mata Google dan banyak pengunjung. Logikanya, situs yang menjadi peringkat utama mesin pencari, tentu mendapatkan perhatian pengunjung kala mencari.

Dalam penggambarannya, kita memiliki blog atau situs seperti kita memiliki perpustakaan. Banyak orang dalam setiap harinya mencari buku yang sesuai dengan keinginan pencari. Kita sebagai pemilik perpustakaan, tentu tidak akan membiarkan pengunjung perpustakaan kita tidak menemukan buku yang dia cari. Sedangkan, setiap buku yang pengunjung cari tentu sangat beragam judul dan tema.

Disinilah letak SEO. Lebih banyak pengunjung perpustakaan kita hendak mencari buku. Bertambah baik pula rangking dari perpustakaan kita. Dibilang lengkap atau serba ada merupakan ungkapan yang ingin kita capai, sebagai pemilik perpustakaan. Situs kita pun sama sejatinya dengan perpustakaan. Pengunjung banyak masuk ke perpustakaan kita, pasti mencari buku yang dia butuhkan. Blog atau situs pun sama keadaannya dengan perpustakaan diatas.

Namun jangan salah, pencarian itu membutuhkan sistem. Sistem dari setiap pencarian memiliki kehususan masing-masing. Contoh Mesin Pencari Google, ia memiliki algoritma yang setiap kali berubah. Kegunaan algoritma sendiri menentukan pantas tidaknya konten atau isi blog situs tersebut. Apabila dalam beberapa kriteria dari algoritma telah tercapai, Google pun tak segan-segan pampang blog situs anda di ujung atas mesin pencarian Google.


BEBERAPA HAL PENTING DALAM ALGORITMA

1. CARA PENULISAN KATA
Mesin pencari dalam pencarian seperti kata kunci [KAMUS]. Mesin pencari akan mengevaluasi sekian banyak tulisan yang terkhusus membahas tentang KAMUS di seluruh blog situs. Mesin Pencari lebih memahami atau tepatnya suka pada penulisan kata Bahasa Inggris. Tata cara penulisan dan juga singkatan menjadi patokan yang diperhatikan pula oleh Mesin Pencari.

Apabila Mesin Pencari telah sukses mengevaluasi kata terkait [KAMUS]. Maka seluruh kata KAMUS dalam blog itu akan muncul. Terlepas blog atau situs siapa yang menjadi pemuncak pencarian. Ia pasti mendapatkan banyak pengunjung karena Mesin Pencari rekomendasikan tulisan pada blog ataus situs terkait, memiliki kata KAMUS yang sangat pantas dan mungkin rekomendasi utama.
2. CARA PEMBUATAN JUDUL
Paling mudah sebenarnya kita pasang kata kunci pada JUDUL POSTINGAN. Karena, itu memudahkan mesin pencari dalam mencari dan menganalisa tulisan terkait kata kunci apa yang sedang dicari. Yang pasti, Mesin Pencari akan lebih cepat kala JUDUL POSTINGAN kita termaktub kata kunci terkait. 
3. CARA PENEMPATAN LINK
Pemasangan link pada satu tulisan ke tulisan lain. Bahkan tulisan anda yang berkaitan dengan link blog situs lain. Menjadi sorotan selanjtunya Mesin Pencari dalam eksekusi rangking. Bertambah banyak kita backlink pada postingan kita, kita tentu akan mendapatkan manfaat dari situs lain terkait dalam link postingan anda tadi.
4. KATA-KATA PADA LINK
Pintar-pintarnya kita membuat tulisan yang hendak kita pasang link, merupakan cara selanjutnya kita tentukan rangking blog kita. Dalam arti, umpama kita hendak mencari BUKU. Kita membuat tulisan BUKUPEDIA ADALAH PUSAT BUKU. Kata BUKU kita dapat link ke BUKUPEDIA.COM lebih menjadi prioritas kala setiap orang gunakan Mesin Pencari. Pencari menulis BUKUPEDIA.COM di Mesin Pencari. Pasti tulisan blog anda akan muncul terkait BUKUPEDIA ADALAH PUSAT BUKU.

Adapun bertambah banyak link yang menempatkan link anda dari blog atau situs lain. Tentu menjadikan bukti bahwa blog anda mempunyai manfaat yang cukup banyak. Dimana setiap orang mungkin akan sangat membutuhkan apa yang kita postingkan. Akan tetapi, terkadang ada orang yang sengaja menempatkan link satu ke blog lain, walaupun itu adalah blog ia sendiri. Sejatinya Mesin Penelusur telah memili rumus khusus memahami Link seperti ini.
5. REPUTASI BLOG 
Dapat ditentukan seringnya kita jalan dan tinggalkan jejak pada blog kunjungan anda. Menempatkan link pada blog lain sebagai bentuk feedback, merupakan salah satu bentuk reputasi blog anda. Bertambah kuat dan seringnya aktifitas blog, menjadikan rangking blog anda bertambah naik.

Tanpa disadari, sesuatu yang anda lakukan dengan rutin pada blog dan situs. Setiap kali membaharui apa yang pantas untuk diperbarui. Semua ini menjadikan Rangking Blog bertambah baik dan meningkatnya Ranking Blog atau Situs di Mata Mesin Pencari. Google adalah Mesin Pencari yang sering digunakan banyak SEO, menilai rangking blog atau situs mereka. Sebab, algoritma yang diterapkan oleh Mesin Pencari Google, selalu berubah dan diperbaharui. Salam Blogging.
Description: MEMAHAMI PENGERTIAN SEO DAN ALGORITMA Rating: 3.5 Reviewer: Kurungan Celotehan ItemReviewed: MEMAHAMI PENGERTIAN SEO DAN ALGORITMA



0 Komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah luangkan waktu baca tulisan kami. Masih banyak tulisan terkait lain yang lebih bermanfaat. Harapan kami kritik saran menjadi penguat blog kami kemudian hari. Salam. Kurungan Celotehan.

 
TOP